Sabtu, 03 Maret 2012

KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirrobbil’alamin, Allahuma sholi ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad, amma ba’du.
Terlebih dahulu marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya pada saat ini kita dapat memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW dalam suasana cerah, sehat wal afiat tak kurang sesuatu apapun.
Semoga salam dan rahmat senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membimbing umat manusia dari zaman kegelapan ke zaman terang benderang yaitu dengan tegaknya agama islam.
Hadirin-hadirat kaum muslimin yang berbahagia.
Orang-orang yang beriman dan berilmu serta mengamalkan ilmunya itu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Sesuai dengan firman-Nya:
Yang Artinya:
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (Q.S. Al- Mujadalah: 11).
Hadirin-hadirat yang berbahagia
setiap orang mukmin mempunyai tiga macam kewajiban, yaitu; menuntut ilmu, mengamalkannya, dan mengajarkannya kepada orang lain.
Kewajiban menuntut ilmu pengetahuan serta mendalami ilmu-ilmu agama Islam yang juga merupakan salah satu alat dan berjihad. Jika perperangan itu bertujuan mengalahkan musuh-musuh Islam serta mengamankan jalan dakwah Islamiyah, maka menuntut ilmu dan mendalami ilmu-ilmu agama bertujuan untuk mencerdaskan umat dan mengembangkan agama Islam agar dapat disebarluaskan dan dipahami oleh segala lapisan masyarakat.
Kewajiban menuntut ilmu pengetahuan yang ditekankan di sini adalah dalam bidang ilmu agama. Akan tetapi, agama adalah sistem hidup yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Setiap ilmu pengetahuan yang berguna dan dapat mencerdaskanserta menyejahterakan kehidupan umat serta idak bertentangan dengan norma-norma agama, wajib dipelajari. Umat Islam diperintahkan Allah Swt untuk memakmurkan bumi ini dan menciptakan pola kehidupan yang baik. Dan ilmu pengetahuan adalah sarana untuk mencapai tujuaan tersebut. Setiap sarana yang diperlukan untuk melaksanakan kewajiban adalah wajib pula menyediakannya.
Islam mewajibkan umatnya menuntut ilmu, karena ilmu itu kehidupan bagi Islam dan tiang Iman. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw yang Artinya:
Ilmu itu kehidupan Islam dan tiang Iman, barang siapa mengajarkan ilmu, maka Allah Swt menyempurnaka pahalanya, dan barang siapa belajar kemudian mengamalkannya, maka Allah Swt mengajarkan kepadanya apa yang belum diketahuinya.
Orang yang berusaha menuntut ilmu, dimudahkan oleh Allah Swt dalam menuju surga. Sabda Nabi Muhammad Saw:
“Barang siapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah Swt memudahkannya jalan ke surga.” (H.R. Muslim).
 Hadirin-hadirat yang dirahmati oleh Allah Swt.
 Demikianlah yang dapat kami sampaikan dalam acara yang penuh barokah ini, besar harapan kami mudah-mudahan ada guna dan manfaat khususnya bagi kami pribadi dan hadirin pada umumnya. Akhir kata dari kami, bila ada kekurangan pantaslah kami sebagai manusia biasa, dan bila ada lebihnya semata-mata itu datangnya dari Allah Swt.
Wallahul Muwafiq ilaa aqwamit thariq, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.